RSS

Category Archives: menu lebaran

Lontong Sayur

setiap lebaran, ga pernah ketinggalan lontong sayur..karena selalu dapat request dari abiy tercinta, awalnya ga pernah bikin karena bunda sendiri kurang suka, biasa kalo lebaran menu yang satu ini bagian mama yang masak, beliau lebih suka kuah santan putih, tapi abiy maunya yang mirip sama lontong sayur betawi, otrelaaah apa sih yang ga buat abiiy yaa..tinggal browsing, sreng…sreeengg…jadi deh..

Bahan-bahan :

2 sdm minyak goreng
3 cm lengkuas, memarkan
2 lembar daun salam
2 bh labu siam dan 2 bh wortel kupas, potong bentuk korek api
100 gram buncis, potong serong
dada ayam potong ukuran sedang
1 ½ liter santan
2 batang serai, memarkan

Bahan di Haluskan :

1 ruas jari kunyit
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt garam
7 cabai merah besar
8 butir bawang merah
3 siung bawang putih

Pelengkap : lontong daun, bawang goreng, kerupuk dan sambal cengek

Cara membuat :
Panaskan minyak goreng, tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum, masukkan  santan, serai, lengkuas, daun salam, didihkan. lalu masukkan potongan ayam masak hingga matang. terakhir masukkan labu siam, masak hingga lunak, tambahkan buncis, garam dan gula. Masak sebentar, angkat. Siapkan mangkuk isi dengan lontong daun, siram dengan kuah taburi bawang goreng dan kerupuk.Sajikan hangat dengan sambal cengek. (jika suka boleh juga beri lk 2sdm ebi kering pada saat memasak kuah santan)

 
Leave a comment

Posted by on December 14, 2011 in menu lebaran

 

Engkak Ketan

Engkak Ketan merupakan salah satu kue khas daerah sumatera selatan, rasanya yang legit dengan tekstur yang lembut dan kenyal, karena kue ini berbahan dasar telur, tepung ketan dan  santan. diberi taburan kelapa kering ditiap lapisannya menciptakan  sensasi rasa yang begitu nikmat ditiap gigitan, sehingga mau nambah dan nambaah lagi, ga bikin eneg..sueerrr

 
Leave a comment

Posted by on November 24, 2011 in menu lebaran

 

Bolu delapan jam

membuat kue ini membutuhkan waktu yang cukup lama, yaaa untuk mematangkannya harus dikukus selama delapan jam, oleh sebab itu disebut bolu delapan jam. paling enak disajikan dingin, dan rasanya jangan ditanya deh *speechless…uenaaaakk tenaan

Resep Bolu Delapan Jam

Bahan :

20 btr telur ayam

500 gram gula pasir

1 klg SKM

vanili

rose pisang

cara membuat :

campur semua bahan, kocok pelan asal gula hancur lalu tuang kedalam loyang yang sudah dioles mentega, kukus hingga delapan jam.

 
1 Comment

Posted by on November 24, 2011 in menu lebaran

 

Pindang Tulang

Pindang Tulang ini kesukaan abiy lho..sebenarnya menu ini ga hanya ada waktu lebaran aja, hari-hari biasa pun masakan ini sering nangkring di meja makan. rasanya yang asam segar semakin mantap kalo di makan dengan nasi hangat, sambal kweni dan lalapan mentah…hmmm…hujan” begini jadi lapeerrr kalo ngomongin pindang….

Bahan:

  • 1 kg tulang iga atau daging yang ada tulangnya
  • 2 batang serai, memarkan
  • 3 lbr daun salam
  • 2 cm jahe, memarkan atau iris tipis
  • 2 cm lengkuas, memarkan atau iris tipis
  • 1 bh tomat belah 4
  • 3 bh cabe merah & hijau, buang isinya, iris jadi 2
  • cabe rawit utuh (sesuai selera)
  • daun kemangi
  • 3 sdm air asam
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 sdt gula merah
  • garam secukupnya
  • gula pasir secukupnya
  • daun bawang
  • 1 sdt ketumbar halus

Bumbu Halus:

  • 2 bh cabe merah
  • 7 bh bawang merah
  • 3 bh bawang putih

Cara Membuat:

  • Haluskan bumbu halus, lalu tumis hingga harum
  • masukkan sereh, daun salam, jahe, lengkuas, air asam jawa, gula merah, kecap manis dan ketumbar halus, aduk rata.
  • Rebus tulang iga sampai setengah empuk dengan api sedang untuk mendapatkan kaldu yang jernih.
  • ( Jika perlu buang lemak yang muncul di permukaan air ).
  • Masukkan bumbu yang sudah ditumis lanjutkan masak dengan api sedang.
  • Setelah iga empuk masukkan berturut-turut cabe rawit, cabe merah.
  • Beri garam dan gula putih sesuai selera hingga terasa asam, manis dan pedas.
  • Masukkan irisan tomat, masak sebentar sampai agak layu.
  • Terakhir taburi dengan daun kemangi dan daun bawang kemudian angkat
 
Leave a comment

Posted by on November 24, 2011 in menu lebaran

 

Lapis Legit

di keluarga kami..kue lapis legit ini hanya ada pada saat lebaran idul fitri atau idul adha..belum lebaran rasanya kalo belum makan si lapgit ini heheheee

perpaduan dari butter, telor yang buaanyaaak, serta susu..membuat cita rasa kue ini menjadi begitu istimewa.

Resep Lapis Legit

Bahan :

30 kuning telur bebek

350 gram gula halus

1 klg SKM

400 gram blue band

2 sdm wisjman

150 gram terigu

vanili

1 sdt bumbu spekuk

cara membuat :

  1. siapkan loyang 20 x 20 cm yang sudah dialasi kertas roti dan diolesi mentega
  2. kocok mentega dan gula sampai putih lk 20 menit kalo pake hand mixer
  3. masukkan kuning telur satu per satu, kocok terus dengan speed tinggi lk 10 menit, lalu masukkan susu, vanili, terigu dan bumbu spekuk, aduk rata
  4. panaskan oven dengan api bawah 180 der lk 20 menit, lalu masukkan loyang dalam oven sebentar.
  5. tuang lapisan pertama (aku pake takaran centong sayur besar) oven lk 15 menit dengan api bawah. lalu matikan api bawah, nyalakan api atas 150-180 der (letakkan loyang di rak paling bawah) oven lagi lk 5-10 menit sampai kuning keemasan.
  6. oven selapis demi selapis, tusuk gelembung pada tiap lapisan dengan tusuk gigi, tekan-tekan lapisan lapgit baru tuang adonan  berikutnya, ratakan dengan sendok. oven lagi 10-15 menit. Begitu seterusnya hingga adonan habis.
 
Leave a comment

Posted by on November 24, 2011 in menu lebaran

 

Opor Ayam Palembang

resep ini resep warisan dari mama yang asli palembang, karena sejak kecil taunya opor ayam yaaa begini..pake nenas dan rasanya cenderung manis, jadi kalo nyobain opor di daerah lain koq ga selidah yaa…teteupp kebayang opor ala mama yang leziiiss…maka ini pun menjadi menu wajib kala lebaran tiba..

oiyaa tips nya, biar ga cepet basi..kata mama nenas nya setelah dipotong” jangan lupa goreng sebentar..

Bahan:
1 kg Ayam, bersihkan, potong-potong, beri garam dan perasan jeruk nipis, goreng sebentar, sisihkan.
2 batang sereh, memarkan
200 gram nanas, potong-potong
4 gelas belimbing santan
garam dan gula pasir sesuai selera

Haluskan:
1 sdm ketumbar halus
1 ruas jahe
5 siung bawang putih
10 buah bawang merah
merica
pala, cengkeh dan sedikit kayu manis
1 sdt kecap manis

Cara Membuat:

  1. Tumis bumbu halus dan sereh hingga harum.
  2. Masukkan santan, didihkan sambil diaduk agar santan tidak pecah
  3. Masukkan ayam dan sisa bahan, teruskan mengaduk hingga kuah mengental.
 
Leave a comment

Posted by on November 24, 2011 in menu lebaran

 

Sambal Buncis

Bahan:
5 bh ampela ayam, rebus lalu potong dadu
3 bh hati ayam, goreng lalu potong dadu
300 gr buncis, iris serong tipis
2 papan petai, masing-masing dibelah 2 bagian, goreng sebentar
minyak untuk menumis
250 ml santan dari 1/4 butir kelapa
1 sdm bumbu sambal goreng kering
garam dan gula pasir secukupnya
Haluskan:
15 bh cabai merah
3 siung bawang putih
8 bh bawang merah
1 sdm ketumbar
2 cm lengkuas

Cara membuat:

  • Panaskan sedikit minyak, goreng buncis hingga setengah matang, angkat, sisihkan.
  • tumis bumbu halus hingga harum, masukkan santan, dan bahan lainnya masak hingga bumbu matang dan kering.
  • Masukkan ampela, hati, buncis dan pete, aduk rata, angkat.
 
1 Comment

Posted by on November 24, 2011 in menu lebaran

 
 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 50 other followers