RSS

Category Archives: Sayur

Rebung asam masak santan kuning

kepala ikan tenggiri sisa bikin pempek atau otak-otak jangan dibuang, buat campuran  gulai rebung asam enak lhoo..rebung asam ini berbeda dari rebung biasa, selain memiliki aroma yang lebih tajam, rasanya pun memang agak asam. aku sendiri gak begitu paham tentang proses pembuatannya..tapi doyaann ajah hehhee..bagi yang kurang suka rebung asam bisa diganti sama rebung biasa.

Bahan :

  • ½ kg rebung, potong korek api
  • 2buah kepala ikan bawal/kakap atau lainnya (aku pake kepala ikan tenggiri)
  • 1 ltr santan dari 1 btr kelapa
  • 2 cm jahe, memarkan
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 2 lbr daun salam
  • 1 btg serai, memarkan
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 5 bh bawang merah, haluskan
  • 7 bh cabai keriting, haluskan
  • 2 cm kunyit, haluskan
  • 1 sdm garam
  • 1sdt gula pasir

Cara Membuat :

  • Rebus santan sambil diaduk hingga mendidih.
  • Masukkan semua bumbu, tambahkan kepala ikan, masak hingga ikan matang.
  • Masukkan rebung asam, aduk sebentar lalu angkat.
 
Leave a comment

Posted by on May 24, 2012 in Sayur

 

Gulai Pucuk Ubi Pedas

Lagi pengen yang pedes dan bersantan, masak gulai daun pucuk ubi alias daun singkong, dicampur jengkol dan rempah padang yang khas..hmm….

Bahan :

  • 1 ikat daun singkong muda, rebus 1/2 matang 
  • 200 gram jengkol, rebus dan memarkan
  • 100 gram ikan teri, belah dua lalu cuci bersih
  • 1 ruas ibu jari lengkuas, memarkan
  • 1 batang serai, memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • santan kental dari 1 butir kelapa
  • 2 sdm bumbu kare bubuk
  • 1 sdm cabe bubuk
  • 6 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 7 bh cabe merah keriting
  • kunyit
  • garam secukupnya

Cara Membuat :

  1. campur santan dengan semua bumbu, masak hingga mendidih
  2. Masukkan daun singkong, jengkol, dan ikan teri aduk perlahan sampai mendidih dan daun singkong lembut, angkat.
 
Leave a comment

Posted by on April 27, 2012 in Sayur

 

Sup Makaroni Ayam

Sudah 2 hari Rafey gak mau makan nasi, gigi nya sakit..mau nya cuma ngemil roti n minum susu..bingung juga..buka lemari dapur sambil mikir ada stock makanan apa yang bisa dimasak buat rafey..ahhaaa…Makaroni..bikin sup makaroni aja kali yaa, bismillah…smga Rafey sukaa..


alhamdulillah..walau teteup ogah mam nasi..rafey mau ngabisin semangkuk sup makaroni ayam nya, seneng bunda nak..wortel n kentang nya juga dimakan..yasud gpplah…sekali-kali ganti karbo nya yaa..

Bahan:

 ½ kg ayam, potong sesuai selera rebus buang airnya
100 gram makaroni rebus dengan 1 sdm minyak dan sedikit garam, tiriskan
2 buah wortel potong tipis, 100 gram kembang kol dan kacang arcis
100 gram kentang potong dadu
5 siung bawang putih, 3 siung bawang merah haluskan
3 batang daun bawang, potong
1 batang seledri, potong
1 sdm minyak untuk menumis
½ sdt merica putih halus
¼ sdt pala halus
garam dan gula pasir secukupnya

Cara Membuat:

Rebus ayam untuk yang kedua kali untuk mendapatkan air kaldu.

Tumis bawang bawang merah dan bawang putih yang sudah dihaluskan hingga harum lalu masukkan ke dalam air rebusan ayam yang sudah mendidih.

Masukkan wortel, kentang, kembang kol dan kacang arcis.

Terakhir masukkan makaroni, daun bawang, seledri, merica, pala dan garam.

Masak sampai semuanya matang. Siap dihidangkan.

 
Leave a comment

Posted by on April 2, 2012 in Sayur

 

Rendang Jengkol

Hihiiii….udik banged yak menu nyaa…eiitss tapi ini bisa bikin nafsu makan menggila lho..aku sendiri suka aroma nya, cuma gak doyan makan jengkol nya..lha ini ceritanya si Oma yang lagi pengen masak rendang jengkol, biasanya oma campurin kikil dan nangka muda, jadi bagi yang gak suka jengkol bisa makan kikil or nangka muda nya gitchuuuu..

resepnya warisan mamaku, beliau kalo masak gak pake resep baku..cuma pake ilmu kirologi hehhee..cemplang cemplung jadinya superr leziisss..biar tambah mantaph aromanya campurin bumbu kari malay  yang bungkus nya warna hijau itu lho, banyak dijual di toko yang menjual bumbu masakan, trus campurin juga cabe bubuk biar warna nya merah gonjreng menggiurkan…

aku coba share resep nya, kurang lebih begini lah temans..

Bahan :
500 gr jengkol,rendam semalaman lalu rebus sampai ½ empuk
200 gram kikil, rebus hingga lembutl potong sesuai selera
200 gram nangka muda
500 ml santan kental dari 1 butir kelapa
1 lbr daun kunyit, 2 lbr daun salam
2 cm jahe,memarkan
1 ruas serai,memarkan
1 ruas lengkuas, memarkan
1 sdm bumbu kari bubuk
2 sdm bubuk cabe
Garam secukupnya
1/2 sdt gula pasir
1 gelas air
 Bumbu yg dihaluskan:
10 siung bawang
5 siung bawang putih
6 buah cabai merah,buang bijinya
2 cm kunyit
Cara membuat :
Memarkan jengkol yang sudah direbus, tapi jangan sampai hancur.
Tumis bumbu halus, daun salam, daun kunyit, jahe, lengkuas, serai sampai harum lalu masukkan
jengkol, nangka muda dan kikil aduk rata.
Tambahkan air dan biarkan sampai jengkolnya benar-benar empuk.
Masukan santan sedikit demi sedikit,aduk agar santan tidak pecah.
Masukkan bubuk kari, bubuk cabe, garam dan gula pasir aduk sampai bumbu meresap dan
mengental. siap disajikan.
 
Leave a comment

Posted by on April 2, 2012 in Sayur

 

Tumis Genjer Teri Pedas

24 hari off baking n cooking, rasanya kangen juga sama dapur..cuci mata di pasar pagi dekat rumah,lirik-lirik sayur mayur nan ijo, nahh…ada GENJER..enak banged nih kalo di tumis pedas campur ikan teri hmm…jadi pengen cepat-cepat masak trus disantap dengan nasi hangat.

ini dia genjer tumis pedas yang baru diangkat dari wajan, hmm…nikmehh..

Bahan:
1 ikat genjer, potong sesuai selera
1 ons ikan teri, belah dua lalu cuci bersih
5 siung bawang merah, diiris tipis
3 butir bawang putih, diiris tipis
10 buah cabe rawit, iris tipis
10 buah cabe keriting, tumbuk kasar
1 buah tomat, potong dadu
1/2 sdt garam halus dan 1/2 sdm garam kasar
1/4 sdt gula pasir
sedikit air
minyak untuk menumis

Cara membuat:

  1. campurkan potongan genjer yang sudah dicuci dengan 1/2 sdm garam kasar, lalu remas-remas sampai lembut, buang air nya.
  2. goreng ikan teri sampai garing.
  3. tumis bawang merah,bawang putih hingga harum.
  4. Masukkan cabe merah keriting, cabe rawit, ikan teri, dan tomat. Aduk sampai layu.
  5. Tambahkan genjer, masukkan garam dan gula pasir. Aduk rata.
  6. Tuang air. Aduk rata. Masak sampai matang dan meresap.


 
Leave a comment

Posted by on April 2, 2012 in Sayur

 

Sayur Asem

segerr nyaa sayur asem inih, cocok sekali dimakan dengan sambal terasi dan ikan asin..lauk nya cukup tempe atau tahu goreng…

Bahan:

Buah melinjo

Daun Melinjo secukupnya.

Terung

Wortel

Buncis/kacang panjang

Kacang Tanah

Jagung Manis

7 buah cabe merah keriting, haluskan

3 siung bawang merah, haluskan

Daun salam 2 lbr.

Lengkuas 1 ruas

1 sdm air asam jawa atau 10 buah belimbing besi potong kecil

Gula jawa

garam

gula pasir

air

Cara Memasak:

Bersihkan sayuran potong-potong.

Didihkan air. Masukkan bumbu halus dan daun salam, lengkuas, asam, gula jawa, sampai didih kembali.

Masukkan sayuran yang keras seperti jagung manis, kacang tanah. Masak sampai setengah matang, lalu masukkan sayuran yang lainnya terung, jagung muda, kacang panjang, daun melinjo.

Masak sampai semua matang, angkat.

 
Leave a comment

Posted by on January 28, 2012 in Sayur

 

Oseng Pedas Jamur Grigit

oma bawain oleh-oleh jamur grigit dari Pagar alam..percaya ga kalo jamur ini enaak banged, kalo diolah jadi pempek rasanya jadi mirip pempek kulit ikan tenggiri, nah kalo di pepes atau oseng2 jadi mirip daging giling…biar awet biasanya jamur ini dijemur hingga kering lalu disimpan dalam wadah tertutup, jika hendak digunakan rendam sebentar di air biasa hingga mengembang lalu siap diolah..

di daerah kami (lubuklinggau-Sumsel.red) jamur ini familiar dengan sebutan jamur “greget” gampang-gampang susah dapetin varian jamur ini di pasar tradisional, kalo musim hujan biasanya banyak yang jual..

ini dia penampakan jamur grigit yang sudah dijemur

kali ini cuma dioseng-oseng pedes, rasanya beneran..kayak tumisan daging lhoo..

Bahan
– 150 gr jamur grigit
– 10 buah cabai rawit merah.
– 50 ml santan kental.
– Garam dan gula secukupnya.

Bumbu yang dihaluskan.
– 5 suing bawang merah.
– 3 siung bawang putih.
– ½ sendok merica
– 7 buah cabai merah.

Cara membuat
– jamur direndam air panas, cuci bersih lalu tiriskan.
– tumbuk kasar jamur.
– tumis bumbu halus, masukkan jamur dan santan kental aduk rata.
– tambahkan garam dan gula, aduk rata.

 


 
Leave a comment

Posted by on January 28, 2012 in Sayur

 

Oseng Tahu Campur

lagi ga punya ide mau masak apa…stock yang ada cuma tahu goreng, buncis dan pete..haiyaaa ditumis pedes ala bunchi aja yaahhh..ga ada resep bakunya alias oseng-oseng seperti biasa, hanya cabe nya dihaluskan bersama bawang merah dan bawang putih, tumis hingga harum masukkan tahu goreng yang sudah dipotong dadu, buncis yg diiris serong, irisan tomay hijau dan pete yang sudah digoreng sebentar, tambahkan garam dan sedikit gula, aduk rata lalu angkat..kelaaarr deh…siap menemani jamuan makan anda bersama nasi hangat hmm…..yumiiee too..

 
Leave a comment

Posted by on January 27, 2012 in Sayur

 

Rebung Tumis Pedas

aku doyan banged makan rebung..lagi2 bikin rebung tumis pedas kesukaan buat teman makan siang kali ini..

jadi ingat sesuatu nih..mungkin ada benernya mitos yang mengatakan “ga blh banyak makan rebung kalo lagi hamil..ntar anak nya banyak bulu, hihiii…” entah kebetulan atau bagaimana, waktu hamil si kembar emang aku doyannya makan rebung inih…alhasil emang si twins banyak bulu lhoooo….maksudku banyak rambut2 halus di lengan dan punggungnya..hahhaaa…

oya bikin rebung tumis ini sama seperti menumis sayuran lainnya, hanya saja aku pake cabe merah keriting yang ditumbuk kasar, akan lebih enak kalo diberi campuran tri medan yang digoreng kering.

 
Leave a comment

Posted by on January 27, 2012 in Sayur

 

Sup Buntut

Bahan :

Buntut Sapi ½ kg
Wortel potong-potong kecil
Kentang potong dadu
Daun Seledri cincang halus
Bawang Merah goreng
Mentega 3 sdm

Bumbu :
5 siung bawang putih dan 5 siung bawang merah
1 sdt merica
1/2 Biji Pala
Garam secukupnya
1 sdt gula pasir
2 cm kayu Manis
5 bh cengkeh

Cara Membuat :

1. Rebus buntut sapi sampai agak empuk.
2. Haluskan bawang putih, lada, biji pala dan garam lalu tumis dengan mentega
3. Masukan cengkeh dan kayu manis, setelah harum angkat lalu masukan pada rebusan buntut sapi.
4. Masukan wortel dan kentang, rebus sampai matang
5. Masukan daun seledri, garam dan gula
6. Aduk rata, matikan api dan taburi dengan bawang merah goreng.

 
Leave a comment

Posted by on January 27, 2012 in Sayur

 
 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 50 other followers