RSS

American Risoles (Amris)

18 Jan

dari dulu dalam bayanganku yang namanya bikin risoles itu ribet..beett..rasanya nyerah kalo disuruh bikin, mending beli deh…tapi begitu baca cerita men temen di milis yang sudah pernah nyoba bikin amris ini koq kayaknya gampang yah…*ah sok banged dah eike hiihiiii..sabaaarr, tunggu timing yang tepat pasti akan kucoba..eleuh..eleeuhhh…

nah, begitu abiy cuti kemarin…aku berfikir ini saatnya membuat sesuatu yang baru buat suami tercinta, secara beliau sangat suka snack yang asin dan gurih..mulai cari arsip resep amris NCC yang terkenal itu..aku pahami..rasanya tidak terlalu sulit..dan tarraaaa….hasilnya begitu cantik dan uenaaakk..suami, anak2, adik2, mama semuanya bilang amris ini super nikmaatt…lhaa wong isiannya aku bikin special..sesuka hati aku tambahin mayonaise yang dicampur dengan keju cheddar parut yang banyaakk, trus ditambah lagi dengan potongan mozzarella..klengerr khan..ngeju habiss…pokoknya enak bangedtz laahhh…

berikut resep amris NCC yang sudah sedikit aku modifikasi..

Penulis : Fatmah Bahalwan

Bahan Kulit :

  • 100 gr tepung terigu
  • 1 sdt garam
  • 3 butir telur
  • 250 ml susu cair
  • 1 sdm mentega, lelehkan
  • margarin untuk olesan

Bahan Isi :

  • 4 lembar smoked beef, potong kecil 1×3 cm —> aku pake sosis sapi potong serong (karena dah keliling SPM di kota ku ga nemu smoked beef..hiksss)
  • 100 gr keju cheddar parut, aku campur dengan 1/2 botol mayonaise aduk rata.
  • mozzarella aku potong-potong sebesar ibu jari.
  • 4 btr telur rebus, potong-potong —> aku ga pake
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 250 gr tepung panir (aku pake 1/2 bungkus)
  • minyak untuk menggoreng

Cara membuat kulit :

  1. Ayak terigu, taruh dalam wadah, tambahkan garam. Buat lubang di tengah, pecahkan telur di dalamnya, aduk satu arah
  2. Tambahkan susu sedikit demi sedikit hingga adonan menjadi licin dan halus, saring.
  3. Susu habis, masukkan mentega leleh.
  4. Tutup adonan dengan plastik, diamkan 30 menit (aku nggak)
  5. Olesi wajan dadar berdiameter 12 cm dengan margarin, panaskan.
  6. Tuangi 1 sendok adonan (aku pake sendok sayur), ratakan sambil diputar, 2-3 menit, angkat.

Penyelesaian :

  1. Bentangkan kulit, isi dengan campuran mayo+cheddar, potongan sosis, potongan mozzarella,  lipat seperti amplop (gulung). Sisihkan. Lakukan hingga adonan kulit habis.
  2. Celupkan risoles ke dalam telur kocok, lalu gulingkan dalam tepung panir.
  3. Simpan dalam lemari pendingin kira-kira selama 1 jam.
  4. Goreng hingga kuning kecoklatan.
  5. Sajikan dengan saos cabe atau cabe rawit.
 
Leave a comment

Posted by on January 18, 2012 in Snack Gurih

 

Leave a Reply

 
