RSS

Roti Tawar

28 Jan

Yippieeee….finally kesampaian juga bikin rotwar homemade, secara hampir tiap hari bolak balik bakery cuma buat beli rotwar ini…si kaka doyannya dibekalin sandwich ala bunda..rotwar dipanggang sebentar di teflon oles blueband, lalu beri campuran nugget, telor dadar, keju slice n mayo yg sdh dicampur skm, saus tomat dan saus sambal botolan. Beda lagi dengan si twins…mereka lebih suka makan rotwar yang dioles blueband dan diberi meises, hanya diberi olesan blueberry/strawberry jam atau selai kaya.

deg-degan juga, takut ga jadi..tapi bismillah..setelah browsing beberapa resep…akhirnya aku teteup pake resep roti tawar NCC kebetulan resep nya ada di buku 60 resep snack manis dan gurih anti gagal by NCC, baca dan cermati resep nya baik”…ahhaaa kayaknya gampang..semua bahan kebetulan ada…aku tinggal cemplung-cemplung bahan kdalam mixer BOSCH, biarin doi yang ngulen…tunggu sampai adonan kalis..fermentasi 30 menit, bentuk lalu masukkan loyang, fermentasi lagi..oven..selesai deh…

lumayan puas dengan hasil rotwar perdana ku, hanya saja motongnya masih belum rapih…pisau nya kurang tajam kali yaa..

Bahan :

1 kg tepung terigu protein tinggi 1 kg (cakra kembar)

11 gram ragi instant (1 bks)

100 gram gula pasir, aku blender sebentar

60 gram mentega putih

2 btr telur

20 gram susu bubuk

15 gram garam

475-500 ml air es

Cara membuat :

1. Masukkan tepung terigu protein tinggi, ragi instant, gula pasir, dan susu bubuk, aduk hingga rata.
2. Tambahkan telur dan air es sedikit demi sedikit aduk/uleni hingga adonan tercampur rata dan bergumpal-gumpal.
3. Tambahkan mentega putih dan garam, terus aduk/uleni hingga adonan kalis dan elastis.
4. Bulatkan adonan dan istirahatkan selama 30 menit hingga mengembang, letakkan ditempat yang hangat.
5. kempiskan adonan dengan cara ditinju, lalu bagi adonan @550 gram, bulatkan lalu gilas, gulung padat memanjang. taruh dalam loyang loaf yang sudah dioles mentega putih. diamkan selama 60 menit hingga mengembang. olesi bagian atasnya dengan campuran telur dan susu (1btr telur, 2 sdm susu segar kocok lepas).
6. oven hingga kuning kecoklatan selama lk 20 menit dengan suhu 200 der. angkat keluarkan dari loyang, olesi segera bagian atasnya dengan mentega.

lebih adonan aku bikin roti sobek, dengan filling selai kaya, blueberry jam, coklat dan keju….hmm yumiieee too…

tarraaa….roti sobek ala bunda…enak buat nemenin nge-teh or ngopi di sore hari

 
3 Comments

Posted by on January 28, 2012 in Roti dan Pastry

 

3 responses to “Roti Tawar

  1. fikrisu

    July 16, 2012 at 12:17 am

    nice article, very helpfull & usefull. Wah jadi pingin nyoba nich, lihat resep roti tawarnya yg maknyuss.Dan bila anda ingin tips memilih, merawat dan memperbaiki mesin roti / bakery. klik aja di FIKRI TEKNIK salam kenal & semoga sukses selalu yach….

     
    • bundaechi

      September 4, 2012 at 3:48 pm

      tengkiuu…salam kenal kembali…

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: