RSS

Rendang Jengkol

02 Apr

Hihiiii….udik banged yak menu nyaa…eiitss tapi ini bisa bikin nafsu makan menggila lho..aku sendiri suka aroma nya, cuma gak doyan makan jengkol nya..lha ini ceritanya si Oma yang lagi pengen masak rendang jengkol, biasanya oma campurin kikil dan nangka muda, jadi bagi yang gak suka jengkol bisa makan kikil or nangka muda nya gitchuuuu..

resepnya warisan mamaku, beliau kalo masak gak pake resep baku..cuma pake ilmu kirologi hehhee..cemplang cemplung jadinya superr leziisss..biar tambah mantaph aromanya campurin bumbu kari malay  yang bungkus nya warna hijau itu lho, banyak dijual di toko yang menjual bumbu masakan, trus campurin juga cabe bubuk biar warna nya merah gonjreng menggiurkan…

aku coba share resep nya, kurang lebih begini lah temans..

Bahan :
500 gr jengkol,rendam semalaman lalu rebus sampai ½ empuk
200 gram kikil, rebus hingga lembutl potong sesuai selera
200 gram nangka muda
500 ml santan kental dari 1 butir kelapa
1 lbr daun kunyit, 2 lbr daun salam
2 cm jahe,memarkan
1 ruas serai,memarkan
1 ruas lengkuas, memarkan
1 sdm bumbu kari bubuk
2 sdm bubuk cabe
Garam secukupnya
1/2 sdt gula pasir
1 gelas air
 Bumbu yg dihaluskan:
10 siung bawang
5 siung bawang putih
6 buah cabai merah,buang bijinya
2 cm kunyit
Cara membuat :
Memarkan jengkol yang sudah direbus, tapi jangan sampai hancur.
Tumis bumbu halus, daun salam, daun kunyit, jahe, lengkuas, serai sampai harum lalu masukkan
jengkol, nangka muda dan kikil aduk rata.
Tambahkan air dan biarkan sampai jengkolnya benar-benar empuk.
Masukan santan sedikit demi sedikit,aduk agar santan tidak pecah.
Masukkan bubuk kari, bubuk cabe, garam dan gula pasir aduk sampai bumbu meresap dan
mengental. siap disajikan.
 
Leave a comment

Posted by on April 2, 2012 in Sayur

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: