RSS

Sambal Unji

22 May

Masih seputar sambal, kali ini daku pengen ngenalin satu lagi sambal khas daerah kami sumatera selatan, tepatnya lubuklinggau. ‘Sambal unji’ alias kecombrang alias honje..hahhaaa banyak banged emang alias nya. Setiap daerah punya nama yang berbeda untuk tanaman yang satu ini. Kecombrang berwarna kemerahan seperti bunga pisang-pisangan. Jika sudah tua mirip lengkuas. n maaph, lagi-lagi aku lupa fotoin bentuk utuhnya, hiiksss….

lebih lengkap tentang kecombrang bisa dilihat disini http://id.wikipedia.org/wiki/Kecombrang atau disini http://food.detik.com/read/2011/02/16/101350/1571798/312/apa-itu-kecombrang.

aku seneng banged gadoin sambal ini, pedes-pedess gimana gituh..aroma unji nya bikin selera makan ku meningkat, alamaakkk mesti inget2 bobot badan dah tidak ramping lagi hiksss..

untuk foto yang atas, suka-suka nya aku aja..biar si sambal unji tampil rada centil hihiii, ada unyu-unyu si Anggrek ungu yang ikutan mejeng disamping mangkuk sambal  *gak nyambung sih..abis gak punya stock unji yang masih utuh buat difoto..hahhaa….oke-okein ajalah toh buat koleksi pribadi *yang laen dilarang protes..

Resep nya sendiri gak susah koq..

Bahan :

7 buah cabe merah
1/2 sendok teh terasi
1/2 sendok teh garam
3 batang bunga kecombrang

Cara Membuat : 

Rebus bunga kecombrang sampai empuk, angkat dan tiriskan. Buang beberapa lapis bagian luarnya yang bewarna merah, ambil dagingnya lalu potong-potong halus. Haluskan cabe merah, garam dan terasi. Campur potongan bunga kecombrang dengan bumbu yang telah dihaluskan.

 
Leave a comment

Posted by on May 22, 2012 in Sambal

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: