RSS

Sambal Rusip

28 May

akhirnya kesampaian juga masak sambal rusip, sebenarnya aku pengen setor sambal ini untuk idfb challenge sambal kemaren. tapi di pasar susah nyari rusip nya, rusip yang asli dan enak tentunya..kalo yang abal-abal sih banyak…nah kebetulan mama beli rusip yang enak..

jujur, aku doyan banged sambal rusip, selera kampung lah…hehhee, tapi bener sambal inih enak dimakan hanya dengan daun singkong rebus dan nasi panas. buat cocolan lalap pun enak. yang cinta kuliner indonesia wajib nyobain yang namanya rusip..hehhee, but yang punya riwayat alergi mending jangan makan rusip deh yaa, alamat gatal-gatal..Sebenarnya rusip ini berasal dari daerah Bangka, dibawah aku coba copas-in sedikit sekilas info tentang rusip inih.

copas from http://www.facebook.com/note.php?note_id=144770664367&1&index=2

Rusip merupakan makanan tradisional masyarakat Bangka. Makanan ini dibuat dari ikan teri atau bilis (masyarakat bangka menyebutnya) yang difermentasikan. Rusip digunakan sebagai pengganti sambal untuk lalapan. Rusip ini adalah lauk untuk menambah nafsu makan. Sangat cocok jika ada lalapan seperti daun singkong, genjer, timun dll.

Rusip diproduksi secara merata di setiap daerah di Pulau Bangka. Namun skala pengusahaannya masih kecil (skala rumah tangga) atau home industry. Jenis makanan ini banyak dijumpai di toko-toko penjual makanan khas yang ada di pulau Bangka, ada pula yang dijajakan langsung dari rumah ke rumah.

Adapun bahan dan peralatan yang diperlukan dalam pembuatan rusip ini sbb.:

* Bahan : Ikan teri segar, Garam, Gula aren

* Peralatan : Baskom, Saoki, Toples/botol

** Proses Pembuatan :

a. Ikan teri segar dibersihkan dari kotoran dan kepalanya dibuang. Kemudian dicuci hingga benar-benar bersih lalu tiriskan hingga benar-benar kering.

b. Campur ikan dengan garam sambil diremas-remas hingga benar-benar tercampur rata. Diamkan selama + 1 hari didalam wadah yang tertutup rapat.

c. Masak gula aren dengan air hingga gula aren larut ke dalam air. Biarkan air gula dingin.

d. Setelah + 1 hari, buka asinan ikan teri. Campurkan air gula aren dengan asinan ikan teri. Kemudian masukkan ke dalam wadah yang tertutup rapat. Biarkan selama + 1 minggu. Jika rusip telah menghasilkan aroma yang khas dan rasanya agak asam maka rusip sudah siap dikonsumsi.

e. Rusip dapat dimakan tanpa dimasak terlebih dahulu ataupun dimasak terlebih dahulu sesuai selera dengan menambahkan irisan bawang merah, serai dan cabe rawit.

Cukup mudah bukan? namun dalam proses pembuatan tersebut wadah pembuatan rusip harus benar-benar steril (bersih) dan tertutup. Jika ada udara yang masuk apalagi dihinggapi serangga seperti lalat maka rusip tersebut akan gagal produksi alias busuk.

(sumber: cyber bangka)

Resep nya..

Bahan:
3 sdm rusip bangka
5 buah belimbing wuluh / 7 tomat kecil
10 buah cabe rawit / 7 buah cabe hijau, potong serong
3 siung bawang putih, iris tipis
5 siung bawang merah, iris tipis

Cara Membuat:
1. tumis bawang hingga harum, masukkan cabe, tomat/belimbing wuluh.
2. masukkan rusip dan sedikit air, aduk
3. tambahkan sedikit gula (tidak perlu menambahkan garam karena rusip sudah asin)
4. masak hingga matang.

 
1 Comment

Posted by on May 28, 2012 in Sambal

 

One response to “Sambal Rusip

  1. Pak bambang

    September 29, 2014 at 11:00 pm

    Mantap azibbbbb

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: