RSS

Sate Bola Iwak Putak

25 Jun

Hampir 2 minggu sejak abiy pulang cuti, aku jadi jarang online. 2 hari yang lalu baru teringat kalo belum setor challenge sate. Libur Minggu kemarin baru sempat uprek-uprek dapur..otak ku berfikir  keras kira-kira sate apa yang harus aku buat, tentunya aku pengen tetap ada ciri khas sumsel nya, jujur karena aku sangat bangga jadi wong Palembang hehhee. Yups..Sate Bola Iwak Putak kupersembahkan untuk challenge sate idfb#5 kali ini, semoga bisa diterima ya..

‘n now, jepret time…aku jadi food stylist nya n abiy yang pegang kendali kamera, kolaborasi yang baik dengan si abiy. Supaya khas Palembang nya keluar, aku pakein background kain blongsong, hihiii kalo ini aku bongkar lemari koleksi kain mamaku, biar meriah aku pilih yang warna pink-purple,  n Klik..!!

Sore ini, pulang kantor dengan jaringan yang lemoodh aku tetap sabar menanti  fesbuk agar bisa konek, begitu kebuka aku langsung klik grup idfb tercintah..olalaaa koq gak nemu album challenge sate nya yaa…huwaaa…!! apa mata ku yang salah..setelah klik sana klik sini alhamdulillah  ketemu juga, horeee ternyata belum telat, *seneng bangeeets aku masih bisa ikutan idfb challenge #5

Sejak tau ada challenge sate, aku teringat “sate iwak” salah satu menu khas Palembang, yang gak pernah ketinggalan di acara hajatan atau persedekahan, ketika masih kecil aku sering ikut mama nge-rewang, biasanya aku duduk manis disamping mama yang sibuk ngebungkusin sate iwak bersama para tetangga dan tamu yang datang untuk membantu masak-masak. Asyiknya kalo ada yang sudah mateng aku pasti langsung dikasih icip-icip, dengan malu-malu aku mencoba sate iwak..rasanyaa emang enaakk. Awal nya aku bingung.. namanya sate, koq pake bungkusan daun pisang yaa ??! aaah aku gak berani banyak tanya, pokoknya makan ajalaahh…sedaap..

Untuk challenge sate kali ini, aku coba memodifikasi resep sate iwak agar bisa sedikit tampil beda dan menjadi sajian yang lebih digemari oleh anak-anak.  Aku pikir lucu juga kalo adonannya aku goreng bulat-bulat seperti pempek adaan dan disajikan dengan saus yang biasa aku buat sebagai saus otak-otak. Jadi kalo boleh dibilang sate bola iwak putak ini aku buat dengan memadukan resep sate iwak dan otak-otak warisan mama ku. Semoga tidak dianggap sebagai sate sesaaattt lah yaaa hahhaha😀

yang pengen tau penampakan sate iwak aslinya kayak gimana, silahkan buka http://nostalgia.tabloidnova.com/articles.asp?id=13656. Dan untuk resep otak-otak ala keluarga ku bisa buka disini https://bundatwinskitchen.wordpress.com/2012/05/24/otak-otak-2/.

 Dibawah ini aku sertakan resep sate iwak ala mama ku,

Bahan:

500 gr ikan putak, haluskan (bisa diganti ikan tenggiri atau gabus)

125 ml santan kental

1 bks soun, rendam air panas tiriskan lalu iris-iris

1 btr labu siam, parut peras air nya

2 btr telur

batang daun bawang, iris halus

2 bh cabai merah, hilangkan bijinya, iris serong

daun pisang untuk membungkus

lidi untuk menyemat

Haluskan:
4 siung bawang putih
1 sdt lada halus
½ sdm ketumbar
1 sdt garam (sesuai selera)
½ sdt gula pasir

Cara membuat:

Campur rata daging ikan, santan, telur, dan bumbu halus.

Campurkan soun, daun bawang, dan labu parut aduk rata.

Ambil selembar daun pisang, masukkan 1-2 sdm adonan ikan, taruh di atasnya irisan cabe merah. bungkus seperti membungkus nasi, semat atasnya dengan lidi.

Kukus dalam dandang panas hingga matang, angkat, sajikan.

Nah, kemudian resep diatas aku modif jadi begini :

Sate Bola Iwak Putak

Bahan :

1/2 kg ikan putak yg sudah dihaluskan (bisa pake ikan tenggiri atau gabus)

250 gram sagu tani

150 ml santan kental (bisa ditambahkan sedikit air)

2 butir telur

1buah labu siam, parut peras airnya

100 gram bawang merah, iris halus

2siung bawang putih, haluskan

1sdt merica

1sdt gula pasir

garam secukupnya

minyak untuk menggoreng

Cara membuat :

Campur ikan, santan/air dan garam. Masukkan bahan yang lain aduk rata, terakhir campurkan tepung sagu, aduk rata kembali. Bentuk bulat dengan menggunakan 2 buah sendok, langsung goreng dengan minyak panas sedang.

(Notes: ikan putak adalah anak ikan belida)

Bahan  Saus :

25 gr kemiri sangrai

20gram kacang goreng (bisa juga memakai kacang kedelai dari 1 bks tauco, saring lalu cuci bersih)

10 buah cabai merah

 5 buah cabai rawit merah (selera)

100 ml air matang

3 sdm saus sambal botolan

garam

gula pasir

cuka menurut selera

Cara nya :

haluskan kacang tanah, kemiri sangrai,  cabe merah, cabe rawit dan garam. Campur dengan cuka, air, saus sambal, dan gula pasir aduk rata. Rasakan hingga manis, asin, asam dan pedas nya pas.

 =Selamat Mencoba=



 
3 Comments

Posted by on June 25, 2012 in Ikan

 

3 responses to “Sate Bola Iwak Putak

  1. Tika Hapsari Nilmada

    June 26, 2012 at 1:23 pm

    Thanks Yessi🙂 Satenya unik. Yum

     
    • bundaechi

      September 4, 2012 at 3:49 pm

      makasih mba Tikaa….

       
  2. Rizal

    December 10, 2012 at 8:46 am

    varian pempek macem² yaw.. siomay, otak²😀

     

Leave a Reply

 
