RSS

Category Archives: Ayam

Ayam Rica-rica

Sudah 2 hari gak selera makan, jajan diluar udah bosan. Tiba-tiba pengen makan yang pedes-pedes tapi punya aroma yang khas,hmm apa yaaa…lha koq ingat sama ayam rica-rica. Dulu, di Tembagapura aku pernah nyobain masakan khas Manado ini dirumah temanku yang memang asli Manado. Langsung ¬†jatuh cinta, karena pada dasarnya aku memang penyuka pedas.

Aku coba browsing, sambil mengingat-ingat cita rasa yang khas dari ayam rica-rica. Okelah pulang apel, izin sebentar pulang kerumah. Gak nyampe 1jam dah kelar.Yummie lhoo..

Dis is it..Ayam Masak Rica ala Bunchie ūüôā

¬†Kesampaian juga masak Ayam rica-rica. Sukaaa banged aroma nya yang khas..dari jahe, daun jeruk dipadu daun kunyit dan kemangi, hmm…..

Alhamdulillah, berasa nikmat makan siang kali ini. Hanya dengan sepiring nasi hangat dan sepotong ayam rica-rica, nyolek sedikit bumbunya yang yumiiee..abis lagi gak berani banyak makan pedas. Perut masih mules gara-gara semalam, perut kosong malah makan nasi padang..gulai nya asem mungkin udah basi, apesss…

Bahan :

  • 1/2 kg Ayam, potong sesuai selera
  • 1 lbr daun kunyit
  • 1 batang serai, memarkan
  • 2 lembar daun Jeruk
  • 1/2 buah jeruk nipis, peras airnya
  • daun kemangi
  • daun bawang, potong-potong
  • 1 sdt gula pasir
  • 200 ml air

Bumbu halus :

  • 6 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 13 buah cabai merah keriting
  • 1 sendok teh garam
  • 2 cm jahe

Cara Membuat :

  • Panaskan minyak kemudian tumis bumbu halus hingga harum
  • Masukkan ayam, dan bahan yang lain kemudian masak hingga bumbu merata
  • Tambahkan air, masak ayam hingga air susut
  • masukkan daun kemangi dan daun bawang, aduk sebentar lalu angkat.
 
2 Comments

Posted by on July 2, 2012 in Ayam

 

Kelio Ayam

Resep nya..

Bahan :

  • 1 ekor ayam
  • 1 batang serai, dimemarkan
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 3 buah asam kandis
  • 1 lbr daun kunyit
  • 3 lbr daun jeruk purut
  • 2 lbr daun salam
  • 3 sdm bumbu rendang kering
  • 2 sdm cabe bubuk
  • Nenas, potong kecil
  • 3 gelas santan
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan:

  • 8 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 7 buah cabai merah
  • kunyit

Cara Membuat:

  • Bersihkan ayam lalu potong-potong sesuai selera
  • Panaskan minyak goreng, tumis bumbu yang sudah dihaluskan bersama serai, lengkuas, daun kunyit, daun jeruk dan garam secukupnya.
  • Masukkan bumbu rendang kering dan cabe bubuk, aduk rata.
  • Setelah tercium aromanya, masukkan potongan ayam, asam kandis dan santan.
  • Masak hingga ayam menjadi empuk dan santan mengental/berminyak. (sesekali sambil diaduk agar santan tidak pecah). Terakhir masukkan nanas.
  • Angkat dan siap dihidangkan


 
Leave a comment

Posted by on June 28, 2012 in Ayam

 

Soto Ayam Bening

Kalo masak soto ayam bening, selalu ingatan ku melayang ke soto gerobak yang mangkal di belakang pasar tradisional Timika. Beneraann enak banget, kala itu..berdua suami kita sering nongkrong berpanas-panas ria demi menikmati semangkuk soto ayam, sepertinya ¬†itu soto ter-enak yang pernah aku coba sepanjang hidup hehheee lebaaii…

Pernah saking penasaran aku tanya ‚Äúapa sih rahasia nya bisa enak begini..?‚ÄĚ ¬†ternyata penjual mencampurkan ¬†1 sdm bubuk koya dalam setiap mangkuk ¬†kuah soto . Aku berusaha mencari tau apa itu koya, ternyata hanyalah campuran bawang putih goreng yang dihaluskan bersama kerupuk udang goreng. Hmmm rahasia baru untuk kenikmatan soto ayam..‚ÄĚmakasih bocorannya pak…‚ÄĚ

namun kali ini, soto ayam dadakan judule..tanpa telor rebus, soun dan bubuk koya..tapi tetep enak lah..

Ada yang kurang kalo makan soto ayam tanpa sambal cabe rawit dan perasan jeruk nipis, gapapalah gak pake koya yang penting sambel nya jangan ketinggalan hehhee..

Bahan-bahan:
1/2 ekor ayam, rebus buang airnya lalu rebus kembali dengan air secukupnya
kol, iris tipis
Toge secukupnya, soun
Bawang merah goreng secukupnya
telur rebus, belah dua (kali ini gak pake)

Bumbu yang dihaluskan:
Bawang merah 7 siung
Bawang putih 5 siung
Kemiri 3 buah
Jahe, 1 ruas jari
Kunyit, 1 ruas jari
Lengkuas, 1 ruas jari

Bahan lainnya:
Sereh 1 batang, memarkan
Garam, merica bubuk, ketumbar bubuk, gula sesuai selera
cabe rawit, halus kan lalu campur dengan 1 sdt air perasan jeruk nipis
Irisan daun bawang dan seledri

Cara memasak:

1. Angkat ayam dari kaldu, lalu suwir-suwir. Tulangnya masukkan kembalikan ke dalam kaldu.

2. Tumis bumbu halus hingga harum, lalu masukkan bumbu halus, sereh, lengkuas, garam, gula, merica, ketumbar  ke dalam kaldu ayam sampai mendidih. Kuah soto siap digunakan.

3.  Tauge disiram air panas sampai layu. Soun direndam air matang hingga lembut lalu tiriskan. Bersama dengan suwiran ayam, irisan kol, dan irisan telur rebus, tata di mangkuk. Siram dengan kuah soto, taburi daun bawang, daun selederi dan bawang goreng. Sajikan hangat dengan dan sambal cabe rawit.

Notes : akan lebih nikmat jika ditaburi dengan bubuk koya (Bahan koya, terbuat dari kerupuk udang yang telah digoreng yang dihaluskan bersama bawang putih goreng hingga halus)

 
Leave a comment

Posted by on June 20, 2012 in Ayam

 

Chicken Katsu

Sabtu kemaren, tiba-tiba si kaka bilang pengen makan di Hokben, olalaaa…bagaimana kalo bunda masak Chicken Katsu ala Bunda ya kak..ntar kaka ¬†cobain deh..enakan mana sama yang di hokben hehee…pede amat si bunda euyy..

otrelah…biar gak repot beli ayam (bagian dada lho yaa), minta tolong langsung di fillet sama bapak yang jual. So, dirumah bunda tinggal potong-potong tipis dan sedikit pukul” pelaaann aja biar daging ayam gak hancur. ayam bunda lumuri bumbu trus simpan di lemari es lk 30 menit lahh…(sambil nyambi beres2 rumah n mandiin anak) boleh juga kalo mau lebih lama..

n tarraaa…ini dia hasilnya…

¬†Psstt…itu ayam sepiring langsung ludess digadoin sama anak-anak, bahkan opa yang gak suka ayam potong malah ikut makan..katanya enak banged, alhamdulillah…padahal bikinnya sama sekali gak pake bumbu penyedap, cuma dibumbuin bawang putih, merica, garam, gula dan sedikit susu cair. Kunci nya jangan takut nambahin seasoning ke masakan biar rasanya lebih berani, tambahkan juga sedikit gula pasir biar gurih, dan biarkan lk 30 menit sampai bumbu benar-benar meresap, baru lumuri ayam ke dalam kocokan telur lalu gulingkan ke dalam tepung roti (aku pake yang warna orange+kuning, yang biasa dipake buat bikin nugget), goreng dengan api kecil supaya gak cepet gosong. dats it..

ini dia tepung roti yang aku pake

 
Leave a comment

Posted by on April 2, 2012 in Ayam

 

Semur Ayam

si kaka paling doyan semur ayam, kalo bunda masak ini pasti makannya nambah..secara udah lama ga masak semur ayam…rasanya nikmat sekali..di masak pagi siang dah habis…eh pas makan malam nanya lg..semur nya dah habiiss sayang…”besok bikinin lagi ya buunn…” hahaaaha…ga bosen yaa..

Semur Ayam rasanya memang enak, rasa manisnya yang gurih dan aroma khas dari rempah juga bumbunya membuat selera makan menggila, hehee lebaay…berikut resep semur ayam ala aku yaa

Bahan:

Ayam 1 ekor , potong menjadi 8 bagian.

Kecap manis secukupnya.

Gula merah, secukupnya

Bawang merah 7 siung, haluskan

Bawang putih 5 siung, haluskan

Biji Pala 1/2 bh

Kayu Manis 2 cm

5 buah cengkih

1 sdt merica

1 batang sereh, geprek

Daun salam

Garam, gula secukupnya.

Air 500 ml

Minyak untuk menumis

Cara Membuat :

Tumis bawang merah, bawang putih hingga harum.

Masukan ayam goreng, merica, biji pala, kayu manis, cengkih, sereh, daun salam, gula merah, garam, gula, dan air masak dengan api sedang, terakhir tambahkan kecap manis masak terus sampai kuah mengental. angkat dan sajikan.

 
Leave a comment

Posted by on January 27, 2012 in Ayam

 

Ayam saus padang

Bahan:

500 gram ayam, cuci bersih lalu ptong sesuai selera

2 lembar daun jeruk

2 ruas jari lengkuas, memarkan

2 sdm minyak goreng

Bumbu halus :

15 buah cabai merah besar

7 butir bawang merah

3 siung bawang putih

1 buah tomat

1 cm kunyit

1 cm jahe

3 butir kemiri

Garam dan gula secukupnya

air

Cara Membuat  :

1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, daun jeruk, lengkuas hingga harum.

2. Masukkan ayam, tambahkan sedikit air, garam dan gula masak hingga matang  aduk rata. Angkat, sajikan.

 
1 Comment

Posted by on December 28, 2011 in Ayam

 

Ayam Goreng Tepung

jadi prihatin kalo liat anak-anak doyan banged makan ayam KFC, ngeriiiy kalo ngebayangin berapa banyak penyedap rasa yang dipake, belum lagi minyaknya yang sudah berubah warna jadi hitam, huwaaa…tapi apa daya, rasanya yang super gurih itu selalu ampuh membuat selera makan anak-anak jadi bertambah..

biasanya kalo aku bikin ayam goreng tepung dirumah, alhamdulillah anak’ ga pernah complain, bahkan kalo ditanya enakan mana sama ayam KFC, mereka tetep bilang ‘enakan ayam bundaaaa’ hahhaaaa…makasih ya nak..

hanya saja belum bisa bikin ayam yang hasilnya kriuk-kriuk gitu tepungnya, kebetulan aku punya om yang emang profesinya tukang masak alias koki lah, pas beliau lagi liburan kerumah aku dikasih tau caranya, ternyata daging ayam perlu disasat-sasat sedikit gunanya agar bumbu lebih meresap, dan agar hasil gorengannya bisa menyerupai gambar, saat nyampurin ke tepung remas-remas ayamnya lalu kibas-kibas (aduuuh gimana ya ngomongnyaa..pokoknya di puter” gitu ayamnya hehee) agar tepung nya keriting, lakukan 2kali cukup deh..lalu goreng dalam minyak yang banyak…

Resep Ayam Goreng Tepung ala aku..

Bahan:
1 ekor ayam negeri, potong 8 bagian
2 siung bawang putih, haluskan
¬Ĺ sdt merica bubuk
1 sdt garam+gula
2 putih telur ayam, kocok hingga berbuih
minyak goreng
Aduk rata:
100 g tepung terigu
2 sdm tepung beras
1 sdm tepung maizena
1 sdt baking powder
¬Ĺ sdt merica bubuk+ 1sdtbawang putih bubuk
1 sdt garam+gula

Cara membuat:

Aduk bawang putih, jahe, merica dan garam hingga rata.

Lumuri ayam dengan campuran bumbu hingga rata, biarkan lk 30 menit

Celupkan dalam kocokan telur lalu gulingkan dalam campuran tepung hingga rata.

Panaskan minyak banyak di atas api sedang.

Goreng ayam hingga kering dan matang.

Angkat dan tiriskan.


 
Leave a comment

Posted by on December 14, 2011 in Ayam