RSS

Category Archives: Sambal

Balado Terong Ikan Asin

Bingung mau masak apa, sebelum ngantor mampir ke warung dekat kantor..liat terong ungu, cabe ijo, ikan asin..ahhaaa…kangen juga balado terong ikan asin. Langsung beli dan antar ke rumah, minta asisten ulek cabe ijo, goreng terong dan ikan asin nya, eiitt…masak nya nanti biar aku yaa..gak afdol kalo bukan eike sendiri yang srang sreeng hehhee..

Bahan:
3 buah terong ungu, potong memanjang
ikan asin, potong kecil lalu goreng
1 ons cabe ijo
3 siung bawang putih
tomat hijau, potong dadu
minyak goreng
Garam dan gula
Cara membuat :
Cuci bersih terong yang sudah dipotong
Goreng terong hingga kecoklatan,tiriskan
Haluskan bawang putih dan cabe ijo
Tumis bumbu halus sampai harum
Masukkan tomat, terong dan ikan asin aduk rata
Tambahkan garam dan gula
Aduk sebentar dan kecilkan api, angkat.
Selamat mencoba
Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on June 22, 2012 in Sambal

 

Sambal Rusip

akhirnya kesampaian juga masak sambal rusip, sebenarnya aku pengen setor sambal ini untuk idfb challenge sambal kemaren. tapi di pasar susah nyari rusip nya, rusip yang asli dan enak tentunya..kalo yang abal-abal sih banyak…nah kebetulan mama beli rusip yang enak..

jujur, aku doyan banged sambal rusip, selera kampung lah…hehhee, tapi bener sambal inih enak dimakan hanya dengan daun singkong rebus dan nasi panas. buat cocolan lalap pun enak. yang cinta kuliner indonesia wajib nyobain yang namanya rusip..hehhee, but yang punya riwayat alergi mending jangan makan rusip deh yaa, alamat gatal-gatal..Sebenarnya rusip ini berasal dari daerah Bangka, dibawah aku coba copas-in sedikit sekilas info tentang rusip inih.

copas from http://www.facebook.com/note.php?note_id=144770664367&1&index=2

Rusip merupakan makanan tradisional masyarakat Bangka. Makanan ini dibuat dari ikan teri atau bilis (masyarakat bangka menyebutnya) yang difermentasikan. Rusip digunakan sebagai pengganti sambal untuk lalapan. Rusip ini adalah lauk untuk menambah nafsu makan. Sangat cocok jika ada lalapan seperti daun singkong, genjer, timun dll.

Rusip diproduksi secara merata di setiap daerah di Pulau Bangka. Namun skala pengusahaannya masih kecil (skala rumah tangga) atau home industry. Jenis makanan ini banyak dijumpai di toko-toko penjual makanan khas yang ada di pulau Bangka, ada pula yang dijajakan langsung dari rumah ke rumah.

Adapun bahan dan peralatan yang diperlukan dalam pembuatan rusip ini sbb.:

* Bahan : Ikan teri segar, Garam, Gula aren

* Peralatan : Baskom, Saoki, Toples/botol

** Proses Pembuatan :

a. Ikan teri segar dibersihkan dari kotoran dan kepalanya dibuang. Kemudian dicuci hingga benar-benar bersih lalu tiriskan hingga benar-benar kering.

b. Campur ikan dengan garam sambil diremas-remas hingga benar-benar tercampur rata. Diamkan selama + 1 hari didalam wadah yang tertutup rapat.

c. Masak gula aren dengan air hingga gula aren larut ke dalam air. Biarkan air gula dingin.

d. Setelah + 1 hari, buka asinan ikan teri. Campurkan air gula aren dengan asinan ikan teri. Kemudian masukkan ke dalam wadah yang tertutup rapat. Biarkan selama + 1 minggu. Jika rusip telah menghasilkan aroma yang khas dan rasanya agak asam maka rusip sudah siap dikonsumsi.

e. Rusip dapat dimakan tanpa dimasak terlebih dahulu ataupun dimasak terlebih dahulu sesuai selera dengan menambahkan irisan bawang merah, serai dan cabe rawit.

Cukup mudah bukan? namun dalam proses pembuatan tersebut wadah pembuatan rusip harus benar-benar steril (bersih) dan tertutup. Jika ada udara yang masuk apalagi dihinggapi serangga seperti lalat maka rusip tersebut akan gagal produksi alias busuk.

(sumber: cyber bangka)

Resep nya..

Bahan:
3 sdm rusip bangka
5 buah belimbing wuluh / 7 tomat kecil
10 buah cabe rawit / 7 buah cabe hijau, potong serong
3 siung bawang putih, iris tipis
5 siung bawang merah, iris tipis

Cara Membuat:
1. tumis bawang hingga harum, masukkan cabe, tomat/belimbing wuluh.
2. masukkan rusip dan sedikit air, aduk
3. tambahkan sedikit gula (tidak perlu menambahkan garam karena rusip sudah asin)
4. masak hingga matang.

 
1 Comment

Posted by on May 28, 2012 in Sambal

 

Sambal Tahu

menu yang simple dan sederhana di siang hari ini, sambal tahu..Hmmm dah lama gak bikin sambal ini, enak banget dimakan dengan nasi panas ditambah ikan goreng dan tumisan sayur, yang pasti sambal tahu nya pedes dan agak manis yaa…

Bahan :

  • 3 potong tahu cina, potong dadu lalu goreng
  • 10 buah cabe merah
  • 1 buah tomat, iris dadu
  • 3 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • minyak
  • garam dan gula pasir secukupnya

Cara membuatnya :

  • haluskan bawang dan cabe merah.
  • tumis bumbu sampai harum, masukan tomat lalu tahunya, aduk jangan samapi tahunya hancur. Tambahkan garam dan gula. Angkat dan siap disajikan

ayooo…buruan ambil nasi hangat…nyam…nyaammm….

 
Leave a comment

Posted by on May 28, 2012 in Sambal

 

Sambal Unji

Masih seputar sambal, kali ini daku pengen ngenalin satu lagi sambal khas daerah kami sumatera selatan, tepatnya lubuklinggau. ‘Sambal unji’ alias kecombrang alias honje..hahhaaa banyak banged emang alias nya. Setiap daerah punya nama yang berbeda untuk tanaman yang satu ini. Kecombrang berwarna kemerahan seperti bunga pisang-pisangan. Jika sudah tua mirip lengkuas. n maaph, lagi-lagi aku lupa fotoin bentuk utuhnya, hiiksss….

lebih lengkap tentang kecombrang bisa dilihat disini http://id.wikipedia.org/wiki/Kecombrang atau disini http://food.detik.com/read/2011/02/16/101350/1571798/312/apa-itu-kecombrang.

aku seneng banged gadoin sambal ini, pedes-pedess gimana gituh..aroma unji nya bikin selera makan ku meningkat, alamaakkk mesti inget2 bobot badan dah tidak ramping lagi hiksss..

untuk foto yang atas, suka-suka nya aku aja..biar si sambal unji tampil rada centil hihiii, ada unyu-unyu si Anggrek ungu yang ikutan mejeng disamping mangkuk sambal  *gak nyambung sih..abis gak punya stock unji yang masih utuh buat difoto..hahhaa….oke-okein ajalah toh buat koleksi pribadi *yang laen dilarang protes..

Resep nya sendiri gak susah koq..

Bahan :

7 buah cabe merah
1/2 sendok teh terasi
1/2 sendok teh garam
3 batang bunga kecombrang

Cara Membuat : 

Rebus bunga kecombrang sampai empuk, angkat dan tiriskan. Buang beberapa lapis bagian luarnya yang bewarna merah, ambil dagingnya lalu potong-potong halus. Haluskan cabe merah, garam dan terasi. Campur potongan bunga kecombrang dengan bumbu yang telah dihaluskan.

 
Leave a comment

Posted by on May 22, 2012 in Sambal

 

Sambal Kabau

Begitu bangga dengan kuliner Indonesia yang sangat beragam, akhirnya greget juga pengen nyoba ikutan dalam ajang  IDFB Challenge #4 “Indonesian Sambal”

di daerah kami (lubuklinggau sumsel), ada yang namanya KaBaU..bentuknya bulat hitam seperti kancing, sementara bagian dalamnya berwarna hijau. Kabau ini masih satu family dengan pete/jengkol hehhee, kenapa aku bilang begini, karena ketiganya sama-sama memiliki aroma yang “hmmm…..

maaf banged aku lupa take foto penampakan utuh si Kabau

dibawah ini adalah foto kabau yang sudah ditumbuk kasar

sebenarnya sambal ini sederhana saja cara pembuatannya, hampir sama dengan sambal-sambal goreng lainnya. Cita rasa dan aroma nya yang unik susah buat diungkapkan dengan kata-kata..pokoknya Eenaakk ajah..magic sambal yang bisa bikin selera makan nambah..nambah..dan nambah…but what ??? rajin-rajin bersihin kamar mandi kalo habis makan kabau yah..hihiii…baunyaaa tuluuung….

Bahan :

2 ons Kabau, cuci bersih memarkan lalu goreng hingga garing

100 gram ikan teri, belah dua lalu goreng

15 bh cabe merah keriting

5 siung bawang merah

2 siung bawang putih

1 buah tomat kecil, potong dadu kecil

garam dan gula secukupnya

minyak goreng

Cara Membuatnya :

Haluskan bawang merah, bawang putih dan cabe merah

Tumis bumbu hingga harum, masukkan tomat, kabau dan ikan teri yang sudah digoreng, aduk rata.

masukkan garam dan sedikit gula, aduk rata.

 
3 Comments

Posted by on April 27, 2012 in Sambal

 

Sambal Terasi

sehari-hari ga pernah bosen sama yang namanya sambal terasi..sambal mania…cocol pake lalap mentah atau rebus, atau juga buat temennya ayam or ikan goreng..always enyaakk…

Bahan :
5 buah cabe rawit merah
10 buah cabe merah keriting
1 sdt terasi, dibakar
2 siung bawang merah
1 buah tomat
1 sdt gula pasir
½ sdt garam
2 sdm minyak goreng

Cara Membuat :

1. cabe merah, cabe rawit, bawang merah, terasi dan tomat goreng hingga layu lalu angkat.
2. Ulek semua bahan yang digoreng tadi bersama garam dan gula pasir. terakhir bisa juga ditambahkan perasan air jeruk kunci atau jeruk limau bila suka.

 
Leave a comment

Posted by on January 29, 2012 in Sambal

 

Sambal Kemang

lagi-lagi ini sambal khas daerah ku lhoo…yaaa..dari buah kemang..mirip mangga  tapi kulit nya berwarna kuning kecoklatan, sayang aku lupa fotoin buah nya, next time yaa..rasanya asam..ga kuat kalo dimakan begitu aja, so emang enaknya cuma dibikin sambal begini, jadi mirip rujak…

sambal ini jodohnya pindang ikan atau pindang tulang..dimakan pake lalap kemangi, bai de wei…bikinnya sama dengan cara bikin sambal kweni yang aku posting sebelumnya..cabe dan garam ditumbuk halus, bari gula merah, gula putih tumbuk lagi, lalu masukkan kemang yang sudah dicincang kasar, aduk rata..jangan lupa dicicip rasanya hingga pas betul manis asin asam pedes…nah kebayang khaan rasanya…aku suka gadoin niy sambal sambil nonton tv..ga berasa mata ma hidung dah berair kepedesan hahahaa

 
Leave a comment

Posted by on December 28, 2011 in Sambal