RSS

Category Archives: Seafood

Balado Cumi Asin

Abiy doyan banged cumi asin. Lumayan untuk mengobati rasa kangen, masak kesukaannya ajah sambil ngebayangin beliau makan dengan lahap, duuhhh….

Resepnya..

Bahan :

100 gram cabe hijau
7 buah cabe rawit hijau
1 buah tomat, iris dadu kecil
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
Garam dan gula pasir secukupnya
Minyak sayur
200 gram Cumi asin

Cara membuat :
Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe hijau dan cabe rawit sisihkan,
Sementara goreng cumi asin hingga matang dan sisihkan.
Panaskan minyak lalu tumis bumbu hingga harum, masukkan cumi asin dan tambahkan gula dan garam, aduk rata, matikan api dan sajikan dengan nasi hangat

 
Leave a comment

Posted by on July 8, 2012 in Seafood

 

Kepiting Saus Padang

Resepnya…

Bahan :

  • 2 ekor kepiting telur (aku pake kepiting kecil)
  • 5 sdm saus tomat, siap pakai
  • 1 batang daun bawang, iris serong tipis
  • ½ buah bawang bombay, iris tipis
  • 3 sdm saos sambal botolan
  • 5 sdm saos tomat botolan
  • 150 ml air
  • 1 sdt merica bubuk
  • ½ sdt garam
  • 4 sdm saus tiram
  • 3 lembar daun jeruk
  • nenas, potong-potong
  • 1 ltr air untuk merebus
  • 1 sdt gula pasir
  • 2 lembar daun salam
  • minyak untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan :

  • 2 sdm cabe merah giling
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 cm jahe

Cara membuat :

  1. Bersihkan kepiting. Siapkan panci lalu rebus kepiting hingga matang dan berubah warna menjadi oranye, angkat. Belah sesuai sisi.
  2. Siapkan wajan. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus bersama bawang bombay, daun salam, dan daun jeruk hingga harum.
  3. Masukkan kepiting dan sisa semua bahan, tambahkan air dan nenas aduk rata. Masak hingga bumbu menyerap dan kuah mengental. Angkat
 
2 Comments

Posted by on June 28, 2012 in Seafood

 

Cumi Masak Saus Tiram

punya stock cumi dikulkas, biasanya kalo gak di goreng tepung ya dimasak saus tiram begini kesukaanku, tentunya dengan rasa yang pedes manis, maklum lidah javaness..padahal akunya orang sumatera aslee, lhoo..?!!!

penampakan cumi saus tiram nya ke-iteman yah?!  PsSssttt….ini karena aku kebanyakan masukin kecap manis, *penyakit malas…pa salahnya pindahin dulu kecap manis pouch nya ke botol !! pasti gak begini kejadiannya..

eniwei busweiii, apapun masakan bunda..tetep enak laahhh, ntu buktinya habiss kan…hahhaa..

seperti biasa, sebelum dimakan…di foto dulu yaa, biar bunda tambah gape motret nya qiqiqq

d recipes, cumi saus tiram ala aku yah…

Bahan:
500 g cumi ukuran sedang, potong membentuk cincin
1 batang daun bawang, 5buah tomat kecil potong-potong kecil
¼ buah bawang bombay, 5 siung bawang merah, 3 siung bawang putih diiris tipis
5 buah cabe merah, 10 buah cabe rawit, iris serong
2 sdm kecap manis
gula
garam
merica bubuk
2 sdm saus tiram
air secukupnya

Cara Membuat:

1. Tumis bawang bombay, bawang merah dan bawang putih sampai harum.
2. Masukkan cumi,masak hingga kaku, lalu siram dengan air.
3. Masukkan bumbu lain seperti merica bubuk, kecap manis, saus tiram, gula dan garam.
4. masak hingga bumbu meresap dan air tinggal sedikit.
5. Masukkan potongan tomat kecil dan daun bawang, aduk sebentar.
6. Sajikan selagi hangat
 
Leave a comment

Posted by on May 25, 2012 in Seafood

 

kerang masak cabe ijo

semua jenis seafood aku suka, kali ini cuma di masak pake cabe ijo dan saus tiram juga sedikit kecap manis..lalu dimakan dengan nasi panas..hmm yummiiie deh..

 
Leave a comment

Posted by on December 28, 2011 in Seafood

 

Calamari ring

kalo lagi males masak…maunya doing something yang simple, dan pastikan semua anak sukaa…calamari ring ini bisa menjadi salah satu pilihan menu..secara gampang banged bikinnya bu ibuu…

psssttt, sekali lagi ini ala aku lho yaaa..ga tau mesti resep asli nya bagaimana hehhee…caranya cuci bersih cumi segar, potong menyerupai cincin lalu beri garam, sdkit gula, merica dan air jeruk nipis, simpan lk 30 menit dalam lemari es. siapkan tepung untuk menggoreng..aku pake campuran tepung terigu dan tepung beras dengan perbandingan 50 : 50, beri sedikit garam.

nah, cumi yang sudah dibumbui tadi celupkan pada kocokan telur lalu gulingkan di campuran tepung, ulangi sampai dua kali, goreng dalam minyak panas sebentar saja, karena cumi akan menjadi alot jika terlalu lama dimasak.

selamat mencoba,

 
Leave a comment

Posted by on December 14, 2011 in Seafood

 

Rebung masak seafood

daku paling suka rebung, dimasak apa pun..dijamin makan pasti nambah..ingat dulu masih kecil suka baca dongeng kerajaan, katanya rebung ini menu kesukaan raja-raja hihiiii ga tau dari mana asalnya, jadi ikutan doyan rebung, khan biar seleranya seperti raja hahhaaa apa sih ?!!

kalo mama doyan-nya rebung dimasak santan pedas diberi campuran kepala ikan kakap..yumiieee, tapi berhubung lg pengen sesuatu yang kering, pedes..yo wes masak oseng-oseng aja biar gampang..tak lupa beri irisan cabe yang buanyaak, plus lombok halus juga..nah melongo isi kulkas ada stock kerang, yaa aku campurin ajah..hasilnya bener-bener yummiiiee, nikmatnya dimakan dengan nasi hangat…

 
Leave a comment

Posted by on December 10, 2011 in Seafood

 

Kepiting Saos Asam Pedas

sluuuurph, dirumah ga da yang ga suka kepiting inih.secara lebih sehat dan murah kalo bikin sendiri, bebas vetsin, tentu !! kebetulan di kota ku kalo beli kepiting di pasar bisa minta langsung di belah, potong-potong sesuai selera, jadi ga bakal takut kena capitnya..dirumah tinggal dibersihkan rebus lalu bisa dimasak apa ajaahhh..

kali ini kolaborasi with oma tercinta, masak saos asam pedas…bumbunya sederhana cuma bawang bombang, bawang putih geprek, jahe seibu jari geprek, merica, saos cabe dan saos tomat botolan, 1 sdm saos tiram, daun bawang, garam. gula..

caranya tumis…tumiss…campur..campur..aduukkk kelaaar deh..

 
Leave a comment

Posted by on December 10, 2011 in Seafood